Ads

5 Cara Belajar Linux ala Paijo

Bagi yang ingin belajar Linux dan merasa banyak hambatan :)

1.Pilih 1 Distro Linux. (Hanya 1 saja bro ! )
2.Backup data Anda.
3.Hancurkan semua Partisi HD.
4.Install Distro favorit Anda.
5.Shut up and Hack !

Terlalu banyak distro dalam satu saat akan buat pusing kepala. Konsentrasi ke satu distro dulu. Jangan serakah ! Belum saatnya :)

Backup data Anda. Kemudian hancurkan semua partisi tanpa ampun. Yach semua ! Jangan sisakan untuk dual boot. Anda hanya punya satu jalan maju, dan tidak ada langkah untuk mundur.  

Instal distro Anda, dan pakai dalam aktifitas sehari-hari. 

Jika menemui kesulitan, shut up and hack ! Anda hanya punya satu (distro Anda). Pecahkan persoalan dengan banyak mencoba, membaca, bertanya, dan yang paling penting praktek langsung. 

Terlalu ekstrim ? Jika Anda menawar untuk bermain dengan virtual machine, Anda akan lari ke OS utama Anda sebelumnya ( ketika kesulitan terjadi.... dan pasti terjadi) , dan proses pembelajaran terhenti karena Anda duduk enak di sofa empuk Anda.

Jangan tengok ke belakang. Ketika telah menyeberang sungai,  bakar perahu Anda. Ketika telah telah mendaki benteng lawan, buang tangga Anda. Tidak ada pilihan untuk mundur. Jadi hanya ada 2 pilihan : Menang atau menang.  

Dual boot membuat tekad jadi setengah. Saat kesulitan datang, Anda lari ke seberang. Virtual machine membuat Anda setengah jiwa saat hambatan menerpa.

Pemikiran :

Hambatan terbesar adalah diri sendiri, yaitu tekat yang bulat. Jika Anda menyediakan jalur alternatif untuk mundur (dual boot dan virtual machine)  Anda kemungkinan akan kalah perang.

Dual boot dan virtual machine bermanfaat ketika mobil sudah jalan. Maksudnya, saat awal mendorong mobil, Anda perlu energi  dan  tekat ekstra. Kuasai dulu satu distro termasuk dasar linux, kalau sudah paham, Anda mau bermain dengan 10 distro silahkan saja...

SHARE

Author

hai saya farland.seseorang yg sedang memahami dan menikmati dunia blog... I'am Blogger and Javascript Programmer.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

komentar anda sangat penting utk kemajuan blog ini.trimakasih utk kunjungannya...