Ads

Mengenal Google+

Mungkin ada berbagai permasalahan lain yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu mengenai kekurangan dari facebook yang terus dibenahi oleh pendirinya Mark Zuckerberg . Kini Google raja mesin pencari di dunia mencoba menawarkan solusi lebih baik dari semua permasalahan yang ada di facebook. Ya…. google+ jawabannya….
Apa itu google+ ?
Google+ adalah sebuah layanan social media baru yang diluncurkan oleh google untuk menjawab kebutuhan para pengguna facebook yang memiliki keterbatasan ruang gerak, keamanan, serta privacy.
Google+ mencoba mengkotak-kotakkan kehidupan kita di social media sesuai dengan karakter kita layaknya di dunia nyata. Sebagai contohnya : bila kita berbicara dengan teman akrab pasti obrolan dan omongan kita akan blak-blakan dan bebas meledek satu sama lain tanpa takut terjadi salah paham. Namun apa jadinya jika kita berbicara dengan guru atau dosen misalnya ? Tentunya tutur kata dan pola bahasa kita akan lebih santun terhadap mereka.
Melalui salah satu fitur “circle” kita bisa mengklasifikasikan teman-teman kita ke dalam kelompok masing-masing, Seperti berada di dunia nyata,  kita sendiri lah yang mengelompokkan teman-teman kita tersebut kedalam kelompok-kelompok. Misalnya teman, saudara, guru/dosen, grup pencinta alam, dsbnya. Dengan adanya fitur “circle” tersebut, menjadikan  Google+ memiliki kelebihan dalam hal update status. Saat kita melakukan update status, kita akan ditanya ke “circle” manakah status tersebut akan di publish ? Dan pada akhirnya status yang kita tulis hanya dapat dibaca oleh mereka yang ada di “circle” yang kita tuju. Pada gambar dibawah ini saya dapat dilihat bahwa saya mencoba melakukan testing posting komentar ke “circle” dosen yang saya miliki.
Lewat “circle” pun kita tidak perlu pusing kebanjiran status dari berbagai pihak yang mungkin jumlahnya ratusan bahkan ribuan. Kita dapat mengelompokkan masing-masing orang ke dalam “circle” kita dan melalui “circle” itu pula kita dapat mengelompokkan status mereka. Di bawah ini saya coba tampilkan “circle” IT partner yang saya miliki. Dari gambar dapat dilihat bahwa hanya status dari “circle” IT partner saya yang muncul.
Fitur lain yang menjadi keunggulan google+ adalah fitur “sparks”.  Dengan fitur “sparks” kita bisa memperoleh segala hal yang berkaitan dengan minat kita. Sebagai contoh jika kita mengidolakan seorang Sherina Munaf, maka kita dapat mengklasifikasikannya ke dalam “sparks” dan kita akan memperoleh segala hal terkait dengan sang idola. Dibawah ini saya memiliki ketertarikan pada android, dan saya memasukkan android ke dalam “sparks” yang saya miliki. Maka saya akan memperoleh segala hal informasi terkait dengan ketertarikan saya tersebut.
Seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya di awal tulisan ini bahwa di tag foto oleh pihak yang tidak berkepentingan sungguh sangat menyebalkan. Terlebih jika foto tersebut dikomentari oleh banyak orang. Tentunya akan banyak notification yang akan kita peroleh. Nah… salah satu keunggulan lain dari google+ ini adalah dengan mencoba meminta izin kepada pihak yang di tag. Apakah kita menyetujui diri kita di tag dalam foto tersebut?! Jika setuju maka kita pun ada di dalam tag foto tersebut dan jika tidak maka tag tersebut akan dibatalkan.
Demikian yang dapat saya jelaskan mengenai google+.
Jika  masih ada yang bertanya-tanya “apa itu google+?” dan bagaimana saya mengaksesnya?  Silahkan mencoba langsung dan mendaftarkan diri Anda di situsgoogle+ , karena sekarang google+ sudah dibuka untuk publik walau masih dalam tahap uji coba.
Kesimpulannya… “apa itu google+?” Secara keseluruhan fitur dari google+ itu sendiri mirip dengan facebook. Bedanya adalah dua fitur utamanya yaitu “circle” dan “sparks” . Selain itu agaknya google+ mencoba mengkombinasikan facebook dan twitter sebagai suatu wadah jaringan pertemanan (facebook) dan juga sebagai jaringan informasi (twitter). Namun meski dikatakan bahwa tingkat keamanan, fitur dan berbagai fasilitas lain dikatakan akan mengungguli facebook ada baiknya kita tetap waspada dan tetap menjaga tutur kata kita di dunia maya terlebih di social media agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan...
SHARE

Author

hai saya farland.seseorang yg sedang memahami dan menikmati dunia blog... I'am Blogger and Javascript Programmer.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

komentar anda sangat penting utk kemajuan blog ini.trimakasih utk kunjungannya...