Blog untuk google adsense

Hal yang paling utama dalam Google Adsense adalah Optimasi Blog pada Search Engine. Jadi sebelum kita berbisnis dengan Google Adsense, Blog kita harus terlebih dahulu bagus dalam Optimasi Search Engine. Minimal target kita dalam jangka waktu 3 Bulan harus mencapai pengunjung pada Blog kita 400 visitor/hari. Jadi hal pertama yang akan di bahas adalah SEO pada Blog. SEO terbagi dua ; ada Internal SEO, ada juga Eksternal SEO.

  1. Internal SEO
    Internal SEO adalah Optimasi Search Engine di dalam Blog kita sendiri. Adapun beberapa hal yang harus di perhatikan dalam Internal SEO:
    • Reset keyword
      Sebelum kita menentukan Nama Domain yang akan di gunakan, kita terlebih dahulu harus menentukan keyword utama yang akan di pakai dalam Blog kita .Artinya keyword utama itu adalah kata kunci yang sering digunakan pada Blog kita ataupun Thema yang dibahas pada Blog kita.
      Untuk melakukan pencarian keyword utama ada beberapa Tool yang harus digunakan. Diantaranya :
      https://adwords.Google.com/select/KeywordToolExternal --> Menentukan keyword dengan kompetisinya.
      http://www.Google.com/insights/search
      http://www.spyfu.com/TopList.aspx?listId=3
      http://www.keyword-finder.net/ --> Tool ini berfungsi untuk apabila kita sudah menemukan keyword utama maka gunakan Tool ini untuk menmukan keyword yang berhubungan dengan keyword utama.
    • Menentukan Nama Domain
      Dalam menentukan nama domain sebaiknya keyword utama kita ada dalam Nama Domain yang akan kita buat. Sebagai contoh keyword utama kita adalah Sepatu. Maka Nama Domain berikut dapat digunakan:
      -www.tokosepatu.Blogspot.com
      -www.sepatusport.Blogspot.com
      -www.sepatugaul.Blogspot.com
    • Meta Tag
      Meta Tag sangat berpengaruh di dalam SEO apalagi untuk Deskripsi Blog kita kedalam Search Engine dan pengenalan keyword pada Search Engine. Biasanya didalam Meta Tag ada Tiga komponen paling penting :
      -Judul Blog
      Judul Blog diusahakan sesuai dengan Nama Domain.
      -Deskripsi
      Didalam Deskripsi Blog kita diusahakan mencantumkan Tiga kata yang menjadi keyword utama. Misalakan: “Dapatkan sepatu termurah ditoko sepatu kami dengan kualitas sepatu yang bagus”
      -Keyword
      Keyword yang sudah kita riset tadi baik itu keyword utama dan anak-anaknya masukan kedalam keyword yang ada di Meta Tag
      Dalam pemasangan Meta Tag pada suatu Blog ada berbagai macam cara seperti pada Wordpress dapat menggunakan Plugin All In SEO sedangkan pada Blogspot dapat menambahkan script Meta Tag sebelum . Untuk membuat Meta Tag pada Blogspot dapat menggunakan Meta Tag Generator (cari di Google).
    • Penulisan Artikel
      Blog yang digunakan untu Google Adsense buatlah minimal Sepuluh Artikel untuk Blog baru kita. Adapun cara dalam penulisan artikel untuk Google Adsense diantaranya :
      -Bahasa
      Sering kita mendengar Google Adsense harus Blog berbahasa Inggris. Memang dulu seperti itu, Cuma sekarang pake Bahasa Indonesia pun sudah bisa. Tapi tetap di sarankan menggunakan Blog berbahasa Inggris. Karena nilai earningnya jauh lebih besar ketimbang Blog berbahasa Indonesia.
      -Judul Artikel
      Pertama buat artikel dengan judul keyword utama selanjutnya buat artikel dengan judul keyword yang paling dekat hubungannya dengan keyword utama
      -Bold Pada Isi Artikel
      Didalam penulisan artikel tentunya akan memiliki atau mencantumkan beberapa keyword. Diusahakan baiknya keyword yang ada di isi artikel di cetak tebal (Bold).
      -Internal Link
      Didalam Blog kita ada rumus yang harus diterapkan pada Blog baru untuk memulai Google Adsense dalam pengaturan Internal Link : “1-1,1-2,1-3,1-4,1-5,1-6,1-7,1-8,1-9.1-10”. Rumus itu artinya diusahakan pada tiap artikel mengandung keyword utama. Setiap keyword utama itu pada isi artikel harus me-Link/dibuat tautan menuju ke judul keyword utama. Lihatlah bagaimana Wikipedia, Blog kitapun diusahakan harus begitu dalam teknik Internal Link.
      -Eksternal Link
      Untuk Blog baru sebaiknya jangan ada Link Blog lain didalam Blog kita, artinya komentingpun didalam Blog kita harus ditutup. Adapun untuk selanjutnya ada Eksternal Link itu harus menuju ke Blog lain kita yang dibuatkan untuk bisnis Google Adsense juga. Tentunya Blog lain kita yang berhubungan dengan Blog yang sedang kita buat sekarang.
    • Pengaturan Thema
      Didalam Blog untuk bisnis Google Adsense Thema Blog sangat diperhitungkan. Adapun teknik-teknik dalam pengaturan Thema adalah sebagai berikut :

      -Akses Thema Cepat
      Kita mesti memilih Thema untuk Blog kita yang tingkat loadnya sangat kecil artinya agar mudah di akses dengan koneksi yang agak lelet sekalipun
      -Thema yang cocok untuk penempatan Google Adsense
      Dalam pemilihan Thema sebaiknya cari Thema yang cocok untuk penempatan iklan Google Adsense. Biasanya pada Platform Blog baik itu Wordpess ataupun Blogspot sudah banyak yang menyediakan Thema yang khusus digunakan untuk Google Adsense, caranya cari di Google dengan kata kunci “ Theme Wordpress/Blogspot For Google Adsense”.
      -Pewarnaan Thema
      Dalam pemilihan warna Thema dan warna iklan Google Adsense harus sesuai. Diusahakan iklan menyamai warna teks pada Thema kita. Ini dimaksudkan untuk membuat si pengunjung yang awam berfikir bahwa iklan kita bagian dari isi artikel dan kemudian ia mengkliknya.
      -Navigator
      Alangkah baiknya Blog kita juga di sertai menu-menu di atasnya dengan menu yang biasa di pake seperti ; About, FAQ, Our Service, Cantact, dll. Ini dimaksudkan supaya Blog kita terlihat lebih nyata dan ketika di daftarkan di Google Adsense bisa membantu dalam proses penerimaannya.
    • Pemasangan Webmaster Tool dan Google Analytics
      Setelah Blog kita siap untuk diluncurkan, sebelumnya harus terdaftar pada Webmaster Tool dan Google Analytic. Ini dimaksudkan untuk agar kedepannya kita bias mengontrol atau mengetahui aktifitas pada Blog kita. Seperti mengetahui jumlah pengunjung perhari, banyaknya Link dari Blog lain ke Blog kita, dan masih banyak kegunaan lainnya. Untuk membuat akun pada webmaster Tool dan Google Analytic anda tinggal mengdaftar di Link ini ;
      -Webmaster Tool ; https://www.Google.com/webmasters/Tools/
      -Google Analytic ; http://www.Google.com/analytics/
      Dalam pembuatan akun tersebut kita hanya perlu konfirmasi dengan cara memasang script yang diberikan Google ke dalam Source Code Blog kita atau Hostingan kita.
  2. Eksternal SEO
    Pada dasarnya Eksternal SEO tidak lebih hanya penempatan Link kita pada Blog orang lain. Orang-orang biasa menyebutnya dengan Back Link (BL) namun dalam pembuaatan Link pada Blog lain yang menuju Blog kita ada berbagaI macam cara. Ada yang menggunakan fasilitas Social Network, Social Bookmarking, Blog direktori, Sampai pada hal yang paling malas sekalipun yaitu commenting secara manual ke Blog lain yang sejenis.

    • Pemanfaatan Social Networking
      Untuk menarik pengunjung ke Blog kita bisa memanfaatkan media ini seperti Facebook dan Twitter. Cara ini bukan hanya cara lumayan lagi, tapi sudah merupakan hal yang paling penting dalam pemasaran Blog kita selain menggunakan jasa Search Engine. Dalam pemanfaatan media Social Network tidak perlu bersaing/kompetensi dengan Blog lain dalam penentuan keyword. Kita hanya cukup memperbanyak teman/fans dan selalu mencantumkan Link artikel Blog kita pada media Social Networking. Adapun cara atau tips and trik dalam pemanfaatan media ini ;
      -Berteman yang Efektif di Facebook
      Intinya semakin banyak Teman maka akan semakin besar peluang untung mendatangkan pengunjung pada Blog kita. Adapun pemilihan Teman di usahakan jangan sembarangan, tapi harus sesuai dengan kriteria yang menjadi keyword utama pada Blog kita. Misalkan Blog kita tentang Sepatu maka Search Group atau Fans Page yang membahas soal Sepatu dan kita mencari/add Teman dari sana.
      -Facebook Fans Page
      Kita juga di usahakan dan harus membuat Fans Page sendiri untuk Blog kita. Ini nantinya yang akan dijadikan media utama dalam pemasaran Blog kita di Facebook.
      -Facebook dan Twitter Syndicat
      Ini maksudnya ketika kita mengupdate tulisan kita maka akan secara otomatis terupdate pula Link yang menuju ke tulisan kita dari Facebook dan Twitter. Caranya yaitu mendaftarkan Blog kita pada https://apps.facebook.com/Blognetworks dan menuju menu syndicat untuk menentukan ke akun mana saja Blog kita akan di syndicat. Biasanya di syndicat ke Profil Facebook kita, Fans Page dan akun Twitter.
      Setelah Fans Page di buat kemudian Twitter dan kita terdaftar di Blognetworks untuk melakukan syndicat maka akan secara otomatis setiap kita meng-Update artikel akan ada Linknya di account-account tersebut. Sangat simple tidak perlu mengupdate status sendiri dengan menyertakan Link artikel yang telah kita update.
      Paling kedepannya tugas kita hanya mencari Teman dan Fans setiap harinya. Dan ini kadang menjadi kendala, kendalanya yaitu bosan. Tapi mau bagaimana lagi kalau mau sukses harus seperti itu.
    • Blog Direktory
      Untuk lebih efektif lagi Blog kita harus terdaftar sebanyak-banyak di layanan Blog directory. Intinya tetap sama untuk membuat Link ke artikel kita secara otomatis dari web penyedia layanan Blog directori. Tapi paling utama daftarkan dulu di RSS Feed.

      Untuk mencari layanan Blog directory dapat mencarinya di Google dengan kata kunci “Blog Direktory” atau “Blog directory terbaik”. Adapun Blog directory yang katanya sangat bagus yaitu dmoz.org, Cuma untuk daftarnya sangat jarang orang di approve/diterima oleh layanan itu. Karena layanan tersebut dalam penerimaannya tidak menggunakan mesin, tapi di periksa oleh manusia dan mereka sangat hati-hati dalam penerimaan untuk menjadi membernya, saingannya pun sangat ketat.
    • Terdaftar di Search Engine
      Ini sudah sering kita dengan, tidak perlu di bahas lebih dalam lagi. Seperti Google, Yahoo, Bing yang wajib Blog kita terdaftar di sana. Bila perlu ada Search Engine yang lainnya lebih bagus lagi, kita ikut daftar juga disana.
    • Back Link (BL)
      Untuk Blog baru kita sebaiknya kita berburu Back Link dari Blog PR 7 kemudian commenting ke Blog yang sejenis dan berburu Back Link dari web pemerintah (go.id) dan akademi (ac.id). Dalam berburu back Link ini tidak secara otomatis seperti bahasan sebelumnya. Tapi ini kerja keras kita sendiri secara manual dan kedepannya akan menerima tantangan kebosanan karena akan menjadi rutinitas kita setiap harinya. Semakin banyak Back Link semakin bagus web kita terindex di Search Engine.
  3. Pemeliharaan SEO
    • Posting Setiap Hari
      Di usahakan setelah Internal dan Ekternal SEO kita kerjakan untuk rutin meng-update artikelnya setiap hari. Ini sangat berpengaruh dalam ilmu SEO, apalagi supaya di kenal Google kalau Blog kita selalu aktif bekerja setiap harinya, otomatis trafficnya pun akan selalu naik.
    • Commenting
      Dalam masalah commenting ada juga sedikit tips and triknya. Pertama setelah kita update artikel di usahakan Googling dengan kata kunci judul artikel kita. Kemudian cari web 20 teratas di hasil pencarian yang bisa di masuki comment. Kemudian kita mengomentarinya dengan menyertakan Link yang menuju artikel yang baru saja kita update. Itu maksimal 20 Blog dalam setiap harinya kita komentari. Tapi di usahakan jangan Spam comment, comment pun harus sedikit berbobot, sedikitnya mengikuti pembahasan dalam isi artikel yang kita komentari. Jika tidak akan di anggap Spam, semakin banyak Spam maka ancaman Ban pada Blog kita semakin besar.
    • Social Bookmarking
      Selain commenting, kita juga jangan lupa selalu Bookmarking artikel yang telah kita update. Banyak penyedia fasilitas Bookmarking tinggal di cari di Google. Kalau untuk pengguna Blogspot ada fasilitas sendiri untuk melakukan bookmarking, jadi lebih simple tinggal di share melalui fasiltas itu saja.
    • Hindari Cara Ilegal
      Ada banyak orang yang ingin kaya mendadak kaya dan tidak susah-susah bekerja banyak. Salah satunya di dalam bisnis Google Adsense. Banyak cara cepat dalam mencari uang di Google Adsense tapi cara itu tidak di kehendaki oleh Google. Diantaranya :
      -Auto Blog
      Kita dengar dengan istilah auto Blog yaitu Blog yang secara otomatis mengupdate artikelnya sendiri. Seperti pada Wordpress yang menggunakan Plugin WP Robot. Sebaiknya hal ini jangan di lakukan, karena sekarang Google makin pintar, kalau ketahuan bisa di Ban Blog kita. Ini sudah sering terjadi Blog mantan Banned yang melakukan hal itu.
      -Copy Paste
      Di usahakan artikel yang di muat di Blog kita untuk bisnis Google Adsense menggunakan artikel buatan sendiri yang belum ada artikel yang serupa sebelumnya. Jika kita hanya mengandalkan CoPas (Copy Paste), Google tidak menghendaki hal itu. Kalau ketahuan Blog kita terancam Banned. Banyak juga kejadian orang yang hanya bisa CoPas di Banned Blognya di kemudian hari. Adapun kita punya Blog mantan Banned terus artikelnya kita tulis ulang/CoPas ke Blog baru kita dengan Nama Domain yang baru, tetap saja hal itu tidak dikehendaki oleh Google.
      -Back Link Otomatis
      Ada sering Blogger menggunakan Tool-Tool untuk memperoleh Back Link secara otomatis dengan mudah. Hanya memasukan Link Blog kita maka akan secara otomatis kita dapat BL dari sekian Blog ternama. Ini juga tidak di kehendaki oleh Google, banyak kejadian Blogger yang melakukan hal ini dikemudian hari Blognya di Ban.



Setelah kita melakukan yang sudah ditulisan di atas selama 3 bulan. Lihat hasilnya apa yang terjadi? Jika visitor perharinya sudah mencapai 400 maka segera daftarkan Blog kita di Account Google Adsense (Bagi yang belum punya Account). Kenapa harus 400, bukan kah di awal juga bisa? Memang bisa dari awal juga, syarat mendaftar di Account Google Adsense hanya sebatas artikel minimal sepuluh, domain tingkat tinggi (.com, .org, .net), dan penampilan, menu-menu Blog memadai.
Blog Fresh kita akan bisa saja di terima oleh Google Adsense, tapi akankah menghasilkan uang? Tentunya tidak akan banyak. Maka dari itu baiknya kita memasang Iklan Google Adsense setelah pengunjung lumayan banyak.
Dalam optimasi Blog fresh/baru ini yang bisa saya ketahui. Saya juga tahu ini dari orang yang sudah berpengalaman. Walaupun secara keseluruhan belum saya lakoni, tapi cara berfikir saya mudahan-mudahan ada manfaatnya di mata para Blogger pemula yang ingin menjadikan Blognya sebagai lahan bisnis.


sumber: Mamat Munandar (matmund@yahoo.com)
Komentar →
Comments
0 Comments

0 comments:

Poskan Komentar

komentar anda sangat penting utk kemajuan blog ini.trimakasih utk kunjungannya...

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

tourist n stats

W3 Directory - the World Wide Web Directory My Ping in TotalPing.com
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net

guest room

Copyright © 2012. CYBER MANADO - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz