Twitter [Microbloging Social Network ]

Twitter adalah sebuah situs jejaring sosial seperti Facebook yang menerapkan sistem microblog dimana penggunanya dapat mengirim dan membaca pesan yang diberi nama tweets sampai dengan maksimal 140 karakter yang akan langsung tampil di halaman profil, dan juga halaman para Twitter Followernya.

Sejarah Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007. Pada tanggal 14 September 2010, Logo Twitter diganti dan meluncurkan desain interface baru.


Logo Twitter

"Burung Berkicau" ini bisa disebut sebagai internet SMS, karena sifatnya yang simple dan karakter yang bisa dikirim per tweets sangat terbatas hanya 140 karakter. Dengan menggunakan tanda # (hashtag) adalah untuk melakukan pengiriman pesan terhadap sebuah topik tertentu. Penggunakan tanda @ (mention), dilakukan untuk menandai pengguna lain.

Twitter telah mendukung banyak bahasa di dunia, seperti Twitter Indonesia, bahasa malayu, Belanda, Inggris, Jerman, Spanyol, Filipina, Francis, Portugal, Turki, China, Jepang, Korea, dan sebagainya dengan interface yang disesuaikan dengan bahasa yang dipakai.

Cara Daftar dan Membuat Twitter

Sebenarnya sangatlah gampang untuk membuat account Twitter. Yang perlu anda lakukan adalah masuk ke http://twitter.com, maka anda akan langsung di suguhi tampilan seperti di bawah ini :

membuat twitter

Untuk membuat account baru, anda langsung bisa memasukkan data disebelah kanan (New To Twitter? Join today!), dan isikan data-data berupa :
Full Name = Nama Lengkap Anda
Email = email anda
Password = Password yang anda kehendaki
Setelah itu, klik Sign Up, yang akan membawa anda ke halaman berikutnya.

cara membuat dan daftar twitter

Jika semua kolom pada halam tersebut sudah bertanda centang hijau, maka anda sudah bisa mendaftarkan account baru anda. Jika anda ingin, anda bisa mengganti username agar lebih menarik atau sesuai dengan selera anda. Setelah itu anda bisa meng klik tombol Create My Account. Selamat, anda telah berhasil Membuat Twitter baru ^_^. Untuk menyempurnakannya, anda harus melakukan verifikasi dengan membuka email dari Twitter yang masuk ke Email yang anda pakai untuk mendaftar.

Login Twitter

Untuk Login Twitter anda, anda tinggal masuk ke situsnya, masukkan username anda atau email anda beserta password, dan klik Sign In. Mudah Bukan?

Bagi anda pengguna Smartphone, maka anda bisa memasang aplikasi twitter mobile di HP anda. Aplikasi dari twitter ini mendukung ponsel Android, Blackberry, iPhone, iPad, dan Windows 7. Anda bisa langsung mendapatkan aplikasi ini dengan Download Twitter Mobile Application langsung dari handphone anda, atau melalui alamat http://twitter.com/#!/download dan http://m.twitter.com.

Istilah Twitter

Beberapa istilah pada Twitter yang harus anda ketahui
Home
Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita.

Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.

Follower
Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.

Following
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.

Mentions
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.

Favorite
Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

Direct Message
Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.

Hashtag
Tag yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga

List
Pengguna twitter dapat mengelompokkan following mereka ke dalam satu grup atau daftar sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).

Trending Topic
Topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.


Halaman Twitter anda bisa anda customasi sesuai dengan selera, seperti tema atau Wallpaper Twitter anda bisa anda ganti agar menjadi lebih indah dan enak di pandang. Twitter berkembang menjadi salah satu situs layanan social media yang mengagumkan dengan 230 juta tweet yang dihasilkan tiap harinya (data 2011). Maka, sangat wajar jika kita "HARUS" memiliki account Twitter disamping Facebook.
Komentar →
Comments
0 Comments

0 comments:

Poskan Komentar

komentar anda sangat penting utk kemajuan blog ini.trimakasih utk kunjungannya...

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

tourist n stats

W3 Directory - the World Wide Web Directory My Ping in TotalPing.com
Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net

guest room

Copyright © 2012. CYBER MANADO - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Bamz